Pelatihan Advokasi Transisi dari PAUD ke SD/MI

Dompu, NTB, BPMP-NTB mengadakan kegiatan Advokasi dan Pendampingan Kebijakan dan Produk Pembelajaran Transisi Paud-SD/MI Kepala Dinas Pendidikan dan Kanwil Kemenag di NTB, kegiatan ini di adakan  di Tempat Pelaksanaan Kegiatan (TPK) SMPN 1 Woja, pada hari Senin-Selasa, 21-22 Mei 2024.


Transisi dari PAUD ke SD merupakan fase di mana peran anak berubah dari peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD/MI, serta proses adaptasi anak terhadap lingkungan belajar yang baru. Kesiapan bersekolah harus didasarkan pada tujuan pembelajaran yang sebenarnya, yaitu memastikan bahwa setiap anak memiliki dasar kemampuan yang cukup untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.


Untuk melakukan penyadaran dan perubahan perilaku dari berbagai pihak yang terlibat dalam penguatan transisi anak dari PAUD ke SD, diperlukan sebuah gerakan yang luas dan konstruktif. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan makna dan pentingnya penguatan transisi dari PAUD hingga SD/MI kelas 2 sebagai upaya pemenuhan hak setiap anak.






Penguatan transisi dari PAUD ke SD/MI sangat penting untuk mengubah miskonsepsi yang ada di lapangan, seperti praktik tes calistung dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) dan pembelajaran yang belum memahami bahwa membangun kemampuan fondasi (kematangan sosial-emosional, literasi dan numerasi dasar, dan kemampuan fondasi lainnya) adalah proses yang bertahap dan berkelanjutan, yang dimulai sejak PAUD hingga SD/MI kelas awal.


Semoga Bermanfaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

PPDB Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah MI Al Faat Bara-Woja 2024

  Adalah singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru. Merupakan sebuah halaman web yang digunakan oleh masyarakat dan calon siswa untuk men...

oke