Tampaknya untuk memaknai aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan masih terlalu abstrak. Beberapa pendidik masih kabur dengan makna ini. Meskipun untuk memaknai istilah tersebut pernah didiskusikan oleh para pendidik, namun bukan berartisi yang sesungguhnya. Dalam diskusi itu, dapat disimpulkan sebagai berikut:
makna ini sudah paten. Makna tersebut masih perlu dikembangkan lagi sesuai dengan kondi- Aktif
- Tidak ingin menjadi penonton
- Memanfaatkan modalitas belajar (visual, auditorial, atau kinestika)
- Penuh perhatian dalam setiap proses pembelajaran
- Kreatif
- Ingin mengadakan inovasi
- Mempunyai banyak cara untuk melakukan sesuatu
- Tidak cepat putus asa
- Tidak mudah puas dengan hasil kerjanya dan selalu ingin berbuat terus
- Menumbuhkan motivasi, percaya diri, dan kritis
- Mempunyai banyak cara
- Efektif
- Diajak ke sumber belajar, melakukan observasi
- Memanfaatkan waktu yang ada
- Memanfaatkan rangkuman yang tepat
- Mengoptimalkan panca indera
- Mengatur stategi pembelajara
- Menyenangkan
- Suasana belajar tidak searah
- Kaya dengan metode
- Desain kelas yang tidak membosankan
- Belajar sambil bermain dan bernyanyi
- Hasil belajar anak dipajang di kelas
- Didekatkan ke alam nyata
- Ada penghargaan bagi yang berprestasi