SUPERVISI PENDIDIKAN
Istilah supervisi baru muncul kurang lebih
tiga dasawarsa terakhir ini (Suharsimi Arikunto,2004). Kegiatan
serupa yang dahulu banyak dilakukan adalah Inspeksi, pemeriksaan, pengawasan
atau penilikan. Dalam konteks sekolah sebagai sebuah organisasi pendidikan,
supervisi merupaka bagian dari proses administrasi dan manajemen. Kegiaan
supervisi melengkapi fungsi-fungsi administrasi yang ada di sekolah sebagai
fungsi terakhir, yaitu penilaian terhadap semua kegiatan dalam mencapai tujuan.
Dengan supervisi, akan memberikan inspirasi untuk bersama-sama menyelesaikan
pekerjaan-pekerjaan dengan jumlah lebih banyak, waktu lebih cepat, cara lebih
mudah, dan hasil yang lebih baik daripada jika dikerjakan sendiri. Supervisi
mempunyai peran mengoptimalkan tanggung jawab dari semua program. Supervisi
bersangkut paut dengan semua upaya penelitian yang tertuju pada semua aspek
yang merupakan factor penentu keberhasilan. Dengan mengetahui kondisi
aspek-aspek tersebut secara rinci dan akurat, dapat diketahui dengan tepat pula
apa yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas organisasi yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar