Manfaat kebun sekolah MI Al-Faat 1 Bara


GAMBAR BERIKUT INI ADALAH TANAMAN DI HALAMAN MI AL-FAAT BARA
DI AMBIL PADA HARI/TANGGAL  SENIN, 19 SEPTEMBER 2016 JAM. 13.45 WITA




Sekolah kita Mis Al-Faat 1 Bara merupakan sekolah yang memiliki lahan luas dan berpotensi untuk menghasilkan berbagai keanekaragaman hayati. Melalui program kecil Sekolah, kami berusaha membuat kebun sekolah. Kebun sekolah merupakan sebuah lingkungan dengan berbagai makhluk hidup di dalamnya.











Ada bunga, ada Ubi Kayu, ada Mentimun, yang kesemuanya melambangkan sungguh indahnya hidup berdampingan. Berbagai macam tanaman tumbuh disana. Ada tanaman obat, ada sayuran, ada buah buahan, dan juga ada bunga-bunga yang masingmasing hayati memiliki manfaat sendiri-sendiri. Selain manfaat dari masing-masing jenis tanaman, kebun sekolah juga dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang asyik.







Daun yang berbeda bentuknya, bunga yang berbeda warnanya, itu semua adalah sumber pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Kebun sekolah pun juga sangat menunjang kesejahteraan anggota sekolah. Tanaman cabe diolah menjadi sambal untuk kantin sekolah, jahe diolah untuk sajian minuman hangat bagi bapak/ibu guru, tanaman hias berfungsi sebagai tanaman penghisap racun, budidaya ikan dapat bernilai ekonomi.






Siswa-siswi pun dapat berkreasi dan berapresiasi dengan memanfaatkan apa yang ada dalam kebun sekolah, contohnya membuat puisi berjudul kupu-kupu, membuat karangan deskripsi tentang tanaman, dan lain-lain. Tak hanya itu, dengan kebun sekolah akan tumbuh rasa tanggung jawab dari para siswa-siswi untuk menyiram tanaman dengan rutin, membuat pupuk kompos, menyiangi rumput, dan memilah sampah.











Rasa tanggung jawab yang tumbuh pada diri para siswa akan menarik siswa untuk mencintai alam dan lingkungannya lagi, menikmati hasil kerja, mengkonsumsi buah dan sayuran, serta mencegah kebiasaan mengkonsumsi makanan instant. Subhanalloh… sungguh besar karunia Alloh jika kita mampu melestarikan dan menjaganya. Semoga kebun sekolahku menjadi kesejahteraan bagiku, teman-teman ku, dan anak-anakku di masa depan. Amin. (Reni Anggraini.S.Pd)























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

“GURU ADALAH PETANI”

  “GURU ADALAH PETANI”  (Sebuah Refleksi dan Filosofi Ki Hajar Dewantara) Dmp,19-08-2022. Salam Sehat dan tetap semangat Bapak/Ibu Calon P...

oke